Kadis Kominfo: Jadikan Wartawan Mitra Strategis, Sahabat dan Bukan Musuh

Kadis Kominfo: Jadikan Wartawan Mitra Strategis, Sahabat dan Bukan Musuh

topmetro.news Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Asahan gelar rapat kerja (raker) tahun 2021 di Aula Water Boom Ragil Kecamatan Sei Dadap, Jumat (24/12/2021).

Ketua PWI Asahan, Indra Sikoembang SH mengatakan raker yang dilaksanakan hari ini salah satunya membahas tentang Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT). Kita selaku pengurus dan anggota PWI harus mamatuhi dan memahami PD/PRT.

“Dengan mematuhi, memahami dan menjalankan PD/PRT, kita dapat membuat besar organisasi PWI kedepannya,” kata Indra.

Raker ini juga sebagai bahan evaluasi kami dalam menjalankan roda organisasi PWI menjadi lebih baik sekaligus menyusun program kerja PWI.

PWI Asahan akan membantu Pemkab Asahan dalam mensukseskan visi misi sejahtera, religius dan berkarakter.

Ketua PWI Provsu H Farianda Putra Sinik SE berharap PWI Asahan mampu melakukan kaderisasi keanggotaan dan menambah keanggotaan.

Dalam menjalankan profesi sebagai wartawan, kita harus mengedepankan sosial control dalam memberikan pemberitaan serta menanamkan kepercayaan kepada masyarakat tentang isi pemberitaan kita.

Wartawan Sebagai Sahabat

Jadikan wartawan mitra strategis, jangan jadikan wartawan sebagai musuh tetapi jadikan wartawan sebagai sahabat dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Jadikan wartawan mata telinga dalam pembangunan.

Kadis Kominfo Asahan H Rahmat Hidayat Siregar MSi menyampaikan salah satu perwujudan kemerdekaan Indonesia adalah kemerdekaan berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya.

Kemerdekaan untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia sesuai pasal 28 F UUD 1945. Oleh sebab itu, kemerdekaan pers wajib dihormati semua pihak.

“Akan tetapi dalam melaksanakan fungsi hak, kewajiban dan perannya, pers wajib menghormati hak asasi setiap orang. Karena itu, insan pers dituntut memiliki profesionalitas dengan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik,” kata Hidayat.

Saat ini mendapatkan informasi yang benar sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi masyarakat. Oleh karena itu, saya berharap kepada para wartawan agar dapat memberikan informasi atau berita yang benar kepada masyarakat. Hindari pemberitaan yang dapat menimbulkan kesalahpahaman dalam membacanya dan dapat menimbulkan perpecahan. Sampaikanlah informasi yang benar berdasarkan fakta, kenyataan, aktual, lengkap akurat dan berimbang.

“Pemkab Asahan sebagai mitra pers siap menerima masukkan, kritikan dan saran yang sifatnya membangun. Mari kita tuntaskan pembangunan demi mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera religius dan berkarakter,” tutup Hidayat.

 

Penulis : En

Related posts

Leave a Comment